Senin, 01 Juni 2009

FEATURE NEWS

TATANG, PEMBUAT TIMAH PANCING

Dari Hobi Jadi Profesi

Tak banyak orang berhasil menekuni bidang usaha yang berawal dari hobi, atau berawal dari hobi kemudian menjadi profesi. Salah satunya dilakukan Andreas Tatang YP (42). Berkat hobi mancing, kini ia menjadi produsen timah pemberat pancing dan mata pancing khusus ikan bawal.

Namun hobi dan usahanya tetap berjalan beriringan, bahkan omsetnya mencapai 2 ton timah per bulan. Selain toko peralatan pancing di DIY, area pemasarannya membentang dari Sragen hingga Cilacap. Sedangkan pancing bawal buatannya (rangkaian mata pancing dan kawat neklin), dijual dalam kemasan yang menggunakan merek dari inisial namanya 2T. Untuk sambilan, Tatang juga membuka kios peralatan pancing kecil-kecilan yang diberi nama omah pancing dirumahnya.

Pria yang akrab disapa Tatang ini juga cukup terampil mereparasi berbagai jenis rel sebagai kelengkapan memancing. Banyak kliennya yang datang langsung ke rumahnya yang merangkap sebagai workshop. Bahkan, sering pula menerima limpahan order servis rel dari beberapa toko pancing di Yogya. Selain itu, Tatang kerap menerima pesanan pembuatan joran pancing (costum rod), mulai dari joran pendek bertangkai bambu hingga joran panjang untuk memancing di laut dari bahan graphit, karbon dan fiberglass. Joran buatannya terkenal rapi dan kuat, tak kalah gengsi disandingkan joran buatan pabrik.

Tatang mengaku mulai gemar memancing di laut sejak berusia 20 tahun. Sedangkan usaha memproduksi timah dan mata pancing baru 11 tahun ini berjalan. Keberaniannya memproduksi timah pancing berawal dari kesulitan memperoleh timah pemberat untuk rangkaian pancing laut ukuran 80 grm hingga 100 grm.

Pengalaman yang diperoleh selama bertahun-tahun menekuni hobi mancing pun diterapkan. Mulailah mengutak-atik bongkahan tembaga untuk dijadikan cetakan timah. Setelah bongkar pasang hingga belasan kali, akhirnya berhasil membuat cetakan timah dalam berbagai ukuran.

Dian Retno Isworo

153070352

1 komentar:

  1. bidang usaha yg digeluti bp Andreas Tatang YP dr yogyakarta sangat bagus, saat ini saya tertarik untuk menekuni bidang tersebut oleh sebab itu alamat beliau di yogyakarta dimana?

    BalasHapus