Senin, 16 Februari 2009

Apakah Arti dari Berita?

Berita?
Sejak kecil pasti kita sudah sangat sering mendengar kata-kata berita yang serin disebutkan oleh orangtua kita ataupun orang disekitar kita. Bagaimana tidak, di jaman kita kecil, stasiun televisi maupun media cetak pasti sudah menyiarkan berita atau menyajikan sebuah berita pada suatu peristiwa. Sebut saja saat kita kecil sudah ditayangkan program berita Seputar Indonesia ( RCTI), Liputan 6 ( SCTV), dan program lainnya tentang berita. Tidak hanya melalui media elektronik saja, melainkan melalui media cetakpun kita sudah mengenal yang dinamakan surat kabar maupun koran. Sebenarnya apa arti dari kata berita itu sendiri? Apa manfaat berita bagi kita? Dalam blog ini kami akan mengupas tuntas segalanya tentang berita.
Sebenarnya "sebuah berita yang layak disebut berita" tidak dapat dikategorikan sesederhana itu. Sebab selain tergantung dari kredibilitas dan keterampilan wartawan atau jurnalis yang menulis berita, sebuah berita juga memiliki syarat khusus yang harus menjadi "standar minimal dari sebuah berita".
Menurut informasi yang kami dapatkan bahwa Definisi klasik adalah berita adalah semua yang tercekat dalam surat kabar atau media cetak. Juga semua yang ditayangkan dengan audio atau video juga disebut berita.
Berita tidak semua peristiwa. Ini yang perlu dicamkan oleh seorang jurnalis. Banyak peristiwa yang terjadi tetapi tidak semua menjadi berita.
selain itu ada pula yang mengartikan berita dengan sederhana sebenanrnya berita dapat diartikan sebagai fakta atau informasi yang ditulis oleh reporter atau wartawan dan dimuat di media massa baik itu cetak (koran, tabloid, majalah) maupun elektronik (radio, televisi, on line)
menurut kelompok kami sendiri arti berita adalah segala sesuatu peristiwa yang terjadi pada suatu kondisi, lalu dipublikasikan pada segenap masyarakat umum dan dapat dijadikan suatu himbauan, berita itu sendiri disajikan dalam bentuk elektronik maupun cetak, sehingga masyarakat yang jauh dari peristiwa maupun kondisi tersebut dapat mengetahui apa yang sedang terjadi. Berkaitan dengan fakta bukan fiksi.
menurut para pembaca, apa arti yang paling sederhana tentang berita.

Manfaat Berita
manfaat berita yang paling sederhana adalah agar kita mengetahui apa atau peristiwa yang sedang terjadi diluar jangkauanatau diluar tempat tinggal kita. dengan begitu kita tidak akan pernah merasa ketinggalan, karena dengan melihat, atau menyaksikan berita dapat membuat kita maju, berkaca tentang kehidupan sosial yang kita miliki.contoh saja, ada peristiwa gempa di Jogjakarta tahun 2006 silam lalu, masyarakat diluar Jogjakarta tidak akan pernah tahu bahwa telah terjadi peristiwa tersebut, padahal korban banyak berjatuhan, dengan adanya berita yang ditayangkan maka orang lain diluar Jogjakarta dapat memberikan bantuan dengan cepat. itu salah satu manfaat yang paling sederhana.

Syarat-syarat berita agar dia layak disebut sebagai sebuah karya jurnalistik:
Syarat Berita

Fakta
Berdasarkan kenyataan yang didapat di lapangan
*Kejadian nyata
*Pendapat (Opini) narasumber
*Pernyataan sumber berita
Catatan
: Opini atau pendapat pribadi reporter yang dicampuradukkan dalam pemberitaaan yang ditayangkan bukan merupakan suatu fakta dan bukan karya jurnalistik.

Obyektif
Sesuai dengan keadaan sebenarnya, tidak boleh dibumbui sehingga merugikan pihak yang diberitakan. Reporter dituntut adil, jujur dan tidak memihak, apalagi tidak jujur secara yuridis merupakan sebuah Pelanggaran Kode Etik Jurnalistik.

Berimbang
Porsi sama, tidak memihak/tidak berat sebelah. Reporter harus mengabdi pada kebenaran ilmu atau kebenaran berita itu sendiri dan bukan mengabdi pada sumber berita (check, re-check and balance) yang perlu didukung dengan langkah konfirmasi dari pihak-pihak yang terkait dalam pemberitaan.

Lengkap

Terkait dengan rumus umum penulisan berita yakni 5W+1H

What : Peristiwa apa yang terjadi (unsur peristiwa)
When : Kapan peristiwa terjadi (unsur waktu)
Where : Dimana peristiwa terjadi (unsur tempat)
Who : Siapa yang terlibat dalam kejadian (unsur orang/manusia)
Why : Mengapa peristiwa terjadi (unsur latar belakang/sebab)
How : Bagaimana peristiwa terjadi. (unsur kronologis peristiwa)

Akurat
Tepat, benar dan tidak terdapat kesalahan. Akurasi sangat berpengaruh pada penilaian kredibilitas media maupun reporter itu sendiri.

setelah mengetahui bagaimana syarat membuat berita kita juga akan mengetahui bagaimana tahap atau cara membuat berita:

Proses dan Tahapan Menulis atau Menyusun Berita :


Fact Organizing

Yaitu pengorganisasian/pengumpulan fakta oleh reporter (peliputan)


Lead Decission


Penentuan lead untuk teras berita. Gagal menentukan lead = gagal menulis berita


Word selection


Pemilihan kata yang cocok untuk mendukung penulisan berita. Usahakan alurnya runtut dan jangan melompat-lompat sehingga mengganggu pemahaman pembaca naskah dan penonton.


Start to Write


Mulai menuliskan berita, kumpulkan refferensi pendukung, kosentrasi agar penulisan tidak keliru.

Akhirnya kami telah mengupas tuntas tentang berita walaupun menurut kami informasi dan hasil diskusi kami kurang memuaskan, kami harap tulisan kami dapat menjadi pedoman dan pemahaman yang cukup tentang berita.

Kesimpulan yang dapat kami tarik dari pengertian dan segala sesuatu tentang berita dan kita akan membuat berita dengan benar bahwa Berita ialah informasi baru dan penting mengenai suatu peristiwa, keadaan, gagasan, atau manusia yang menarik untuk diketahui masyarakat. Fakta merupakan bahan mentah berita dan menjawab enam pertanyaan dasar berupa 5W+1H. Penulisan berita perlu menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran, akurasi, kelengkapan, keberimbangan, keadilan atau sikap tidak berpihak, dan kepekaan terhadap semua orang yang berkepentingan. Berita dapat berisi pendapat narasumber tetapi tidak boleh berisi pendapat penulis berita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar